Senin, 29 April 2019

contoh advertorial dan brosure perusahan produk/jasa


    ÞPengertian Advertorial
Advertorial berasal dari  dua kata dalam bahasa Inggris Advertising dan Editorial. Advertorial juga merupakan gabungan dari iklan dan tajuk. Advertising (periklanan) berarti  penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa,sementara editorial berarti pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari redaksi terhadap suatu topik. Jadi pengertian advertorial adalah artikel yang dimuat di media massa dengan cara membayar yang bertujuan untuk promosi atau berkampanye.selain itu juga advertorial bisa diartikan sebagai iklan yang disusun atau dibuat sedemikian rupa sehingga seperti sebuah artikel yang dikarang oleh media cetak yang bersangkutan

ÞTujuan dan Fungsi:  
Ø  Advertorial merupakan salah satu bentuk periklanan yang ada di media massa dengan menggunakan gaya bahasa jurnalistik. Tujuan utama dari advertorial adalah untuk memperkenalkan serta mempromosikan kegiatan, produk, atau jasa dari suatu perusahaan kepada khalayaknya. Tujuan lain dari advertorial adalah untuk memberikan citra yang baik kepada perusahaan itu sendiri. Fungsi utama dari advertorial adalah untuk pendamping, penerjemah, sekaligus penafsir iklan yang terdapat di media massa

Þ    Jenis dan contoh Advertorial: 
1)      Advertorial produk. Dalam penulisannya, membahas mengenai produk-produk apa saja yang ingin disajikan ke masyarakat.



2)      Advertorial jasa. Dalam penulisannya, menyajikan jasa yang ditawarkan pada khalayak. 

3)      Advertorial korporat (perusahaan). Dalam penulisannya, membahas mengenai keberadaan dan kegiatan suatu perusahaan atau instansi yang bersangkutan.





4)      Advertorial pemerintahan. Dalam penulisannya, membahas mengenai kegiatan di bidang pemerintahan atau potensi suatu daerah.


ÞPengertian Brosur

Brosur merupakan salah satu media yang digunakan untuk dapat menyampaikan promosi. Brosur ini berfungsi memberikan informasi produk yang di tawarkan kepada calon konsumen. Umumnya, brosur ini berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata serta juga informasi suatu produk dan ditambah sedikit gambar pendukung. Biasanya brosur ini dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat dapat mengetahui produk tersebut. Brosur yang sering ditemukan itu diantaranya brosur mengenai makanan, bahasa inggris, sekolah, serta juga lain sebagainya.

ÞTujuan Brosur

Sedangkan, tujuan brosur dalam bahasa Inggris, sebagai berikut.

1.      Information
2.      Promotion
3.      To increase attractiveness for a product
4.      As an identy for a product
       ÞCiri-Ciri Brosur
Dibawah ini merupakan ciri-ciri atau karakteristik brosur, diantaranya sebagai berikut:
  • Umumnya mempunyai  pesan yang tunggal.
  • Bertujuan untuk dapat meniformasikan, mengedukasi, serta juga membujuk atau juga mempengaruhi
  • orang/pelanggan untuk membeli maupun mengadopsi pesan yang disampaikan.
  • Hanya sekali diterbitkan.
  • Dibuat semenarik mungkin supaya menarik perhatian publik.
  • Didistribusikan dengan secara tersendiri oleh pembuat brosur tersebut.
  • Memiliki desain yang menarik serta juga  isinya jelas.
        Þ    Fungsi Brosur
Fungsi utama dari sebuah brosur merupakan memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai suatu produk yang akan ditawarkan dengan secara detail. Untuk dapat menarik perhatian masyarakat, umumnya brosur ini dibuat dengan desain yang menarik serta juga isinya jelas.
Lebih jelasnya, fungsi dari brosur diantaranya sebagai berikut:
1.      Untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial yang berhubungan dengan perusahaan atau juga produk atau layanan yang akan ditawarkan.
2.      Sebagai alat iklan atauppun juga alat promosi, yang menarik serta juga memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau juga jasa.
3.      Untuk mempertahankan kriteria maupun konsep yang sama dengaan melalui semua brosur perusahaan atau produk aatau layanan yang dimiliki.

ÞContoh Brosur





2)  Produk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar